Sabtu, 29 Maret 2014

Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial

Sama halnya tujuan dengan bidang-bidang yang lain, tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS bertumpu pada tujuan yang lebih tinggi. Tujuan pendidikan nasional pada tataran operasional dijelaskan dalam tujuan institusional setiap jenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini secara praktis dijelaskan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS.

Akhirnya, tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran. Bahasa kali ini dibatasi pada uraian tujuan kurikuler bidang studi IPS. Tujuan kurikuler IPS yang harus dicapai sekurang-kurangnya meliputi hal berikut:
  • Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun alternatif pemecahan suatu masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
  • Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama masyarakat dan juga dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian.
  • Membekali peserta didik dengan kesadaran sikap mental yang positif, dan keterampilan terhadap lingkungan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan.
  • Membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan Ilmu Pengetahuan Sosial sesuai dengan perkembangan kehidupan, perkembangan masyarakat, dan perkembangan ilmu dan teknologi.
Kelima tujuan di atas harus dicapai dalam pelaksanaan kurikulum IPS di berbagai lembaga pendidikan dengan keluasan, kedalaman dan bobot yang sesuai dengan jenis dan jenjang pendidikan yang dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar